kiropraksi pijat urut tulang belakang

pengertian




terapi chiropractic berasal dari bahasa yunani cheir dan praktikos yg artinya di lakukan dgn tangan spt yg d praktikan sekarang dan di rumuskan pada akhir abad 19, oleh daniel palmer, seorang dokter dari kanada.

cara kerja chiropractic


otak manusia mengirim energi ke seluruh tubuh melalui sistem saraf pada sepanjang tulang belakang, dan apabila terjadi dislokasi vertebrata pada tulang belakang bisa membentuk blokade secara fisik yang mengganggu tranmisi rangsangan saraf. intervensi pd saraf yg di sebabkan oleh dislokasi pada tulang belakang ini di sebut sublukasi(subluxation) jika sublokasi disingkirkan, keseimbangan tulang belakang akan diperbaiki dan kerja saraf akan kembali normal.
berdasarkan pengamatan mengenai struktur tulang belakang dan sistem saraf. tulang belakang terdiri atas 24 buah tulang yang di sebut vertebrata yang membungkus dan melindungi korda spinalis atau spinal cord ( 5 tlg kelangkang dan 4 buah tulang tungging tdk di lewati korda spinalis ) melalui celah2 antara vertebrata, keluar pasangan saraf yang mencapai ke seluruh tubuh termasuk otot,tulang, organ tubuh dan kelenjar.


sedang sistem saraf terdiri atas 3 sistem yg tumpang tindih :

. sistem saraf sentral atau pusat, yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang atau korda spinalis.

. sistem saraf otonomik, yg mengkontrol fungsi fungsi organ tubuh yg berjalan secara otomatis seperti kerja jantung, pencernaan dan enzim.

. sistem saraf periferal, yang menghubungkan sisten saraf pusat keseluruh jaringan tubuh dan otot.

jika terjadi dislokasi pada sebuah vertebrata, saraf setempat akan mendapat tekanan. akibatnya saraf tersebut tidak berfungsi normal dan ini bisa menyebabkan disfungsi, ketidakseimbangan atau disharmoni dan penyakit, atau perubahan struktural pada tulang belakang akan mempengaruhi keseimbangan tubuh.
teknik manipulasi


manipulasi tulang belakang merupakan terapi utama yg d pakai chiropraktor yang paling umum adalah :

. teknik atau manipulasi dgn tekanan lgsg ( direct thrust techniques )

bagian tubuh tertentu ditekan dengan gerakan tangan yang cepat dan bertenaga. juga dikenal sebagai high velocity thrust ( gerkan berkecepatan tinggi ) dan merupakan terapi utama. teknik ini memanfaatkan bagian tangan yang berbeda untuk memberikan tekanan pada sendi yg berbeda. misalnya, jari tengah dan telunjuk digunakan untuk membetulkan tulang leher, sedang tulang pergelangan tangan dipakai untuk memperbaiki bagian thorax dan bagian lumbago. ada pula gerakan tarikan pada sendi sampai terdengar bunyi klik yang keras saat terjadi geseran sendi

. teknik atau manipulasi tdk langsung ( indirect thrust techniques)

digunakan jika cara di atas tidak nyaman bagi pasien. dengan cara ini dibutuhkan beberapa menit untuk menarik sendi dengan berlahan.

. teknik untuk jaringan yg lembut ( soft tissue techniques)

cara ini sering digunakan sebagai persiapan untuk mengurangi kekejangan otot dan melenturkan sendi sebelum manipulasi di lakukan. teknik ini juga digunakan untuk mengendurkan titik-titik tertentu seperti titik pada akupunktur atau refleksi agar menjadi lentur, untuk memgurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman saat dilakukan manipulasi.


teknik-teknik ini dikembangkan terus, dan kini ada kurang lebh 150 teknik manipukasi setiap chiropraktor dituntut untuk mampu menggunakan teknik manipulasi yg tepat untuk setiap kasus.

2 Response to "kiropraksi pijat urut tulang belakang"

  1. saran saya pakai foto sendiri, jangan foto orang lain... apa sdh minta izin? saya pemilik foto

    Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Artikel Terkait

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme